Idiologi Pancasila

Dr. GUS ABM., S.H.,M.H

Lembaga Kajian Hukum Dan Demokrasi (LeMDemokrasi)

Pancasila adalah pandangan hidup bangsa Indonesia yang mengungkapkan pandangan bangsa Indonesia tentang hubungan antara  manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam semesta yang berintikan keyakinan tentang tempat manusia individual di dalam masyarakat dan alam semesta.

Pada prinsipnya Pancasila adalah cita hukum bangsa Indonesia. Makna cita hukum, yaitu: Gagasan, karsa, cipta dan pikiran berkenaan dengan hukum atau persepsi tentang makna hukum, yang dalam intinya berdiri atas tiga unsur, keadilan, kehasilgunaan (doelmatigheid) dan kepasatian hukum. Cita hukum itu terbentuk dalam pikiran dan sanubari manusia sebagai produk berpadunya kemasyarakatan yang diproyeksikan pada proses pengkaidahan perilaku warga masyarakat yang mewujudkan tiga unsur tadi.

Untuk mendapatkan pemahaman utuh terhadap negara hukum Pancasila  harus dilihat dan diselami ke dalam proses dan latar belakang lahirnya rumusan Pembukaan UUD 1945 sebagai pernyataan kehendak lahirnya negara Indonesia serta sebagai dasar filosofis dan tujuan negara. Dari kajian dan pemahaman itu, kita akan sampai pada suatu kesimpulan bahwa konsep negara hukum Pancasila disamping memiliki kesamaan tetapi juga memiliki perbedaan dengan konsep negara hukum Barat baik rechtstaat, rule of law maupun socialist legality. 


Leave a Reply